Subscribe to our RSS Feeds
Dalam pedoman praktis ini akan memfokuskan perhatian pada aspek manajemen dan menjelaskan apa yang dicapai oleh CP Broiler pada kondisi dan kelebaban yang tinggi di daerah tropis seperti Indonesia

Program Vaksinasi ayam Broiler

0 Comments »

Perhatikan penyakit-penyakit yang sering muncul pada musim-musim yang berbeda dalam satu tahun. Gunakan vaksin sesuai kebutuhan pemeliharaan broiler dan evaluasi programnya secara teratur.
Reaksi Vaksinasi
Vaksinasi
Reaksi setelah
Infectious Bronchitis3 - 5 hari
Newcastle Disease5 - 7 hari
IBD1 - 4 hari
Penyesuaian program Vaksinasi
Vaksinasi yang tepat dan benar dapat dapat mencegah timbulnya penyakit, namun tidak mampu melindungi 100%. Untuk menghindari terjadinya reaksi post (setelah0 vaksinasi saluran pernapasan yang berat ataupun komplikasi yang hebat setelah pelaksanaan vaksinasi maka harus mengetahui penyebab terjadinya reaksi post vaksinasi yang berat.
Program Vaksinasi
  • Vaksinasi di Hatchery
Jika DOC sudah divaksinasi di hatchery yang meliputi vaksin : ND + IB live, ND kill dan IBD, tidak perlu lagi dilaksanakan vaksinasi dikandang peternak, kecuali ada pertimbangan khusus.
  • Vaksinasi di Farm
Umur
Vaksin
Aplikasi
Program Vaksin
7 hariND (Clone 30 atau LaSota)Tetes MataIntervet, MBL, Fort Dodge
14 hariIBD (LZ 228 E atau MB)Air MinumIntervet, AAKO
18 hariND (Clone 30 atau LaSota)Air MinumIntervet, MBL, Fort Dodge

Jika situasi dilapangan ada wabah penyakit tertentu (IB, AI, dll) harap konsultasi kepada team Technical Servise, untuk pertimbangan penggunaan tambahan/penyeseuaian vaksin tertentu.

tag: program vaksinasi pada ayam broiler, ketentuan dan standarisasi ayam potong, cara vaksinasi ayam, tatalaksana vaksinasi, upaya pencegahan penyakit dengan vaksinasi
05.03

0 Responses to "Program Vaksinasi ayam Broiler"

Posting Komentar