Subscribe to our RSS Feeds
Dalam pedoman praktis ini akan memfokuskan perhatian pada aspek manajemen dan menjelaskan apa yang dicapai oleh CP Broiler pada kondisi dan kelebaban yang tinggi di daerah tropis seperti Indonesia

BIOSECURITI-PENCEGAHAN PENYEBARAN PENYAKIT

0 Comments »
Pencegahan Penyebaran Penyakit Melalui Manusia
Orang dan kendaraan yang masuk ke lokasi kandang harus dibatasi. Masuk ke lokasi kandang harus disemprot disinfektan. Siapkan tempat celup kaki dan celup tangan ditiap kandang (air dan disinfektan). Sangat disarankan untuk menyediakan 2 macam sepatu boot untuk penggunaan diluar dan penggunaan dalam kandang.
Lakukan penyemprotan juga terhadap kendaraan yang keluar masuk kandang. Jangan lakukan kunjungan ke kandang ayam sehat setelah mengunjungi ayam sakit.


Pencegahan Penyebaran Penyakit Melalui Ayam
Segera keluarkan ayam yang mati dalam kandang setiap hari. Jika ada ayam yang menunjukkan gejala sakit segera culling/afkir.
Untuk ayam yang mati karena sakit, celupkan ke dalam disinfektan, dihitung dan dimusnahkan (dikubur/dibakar).

Pencegahan Penyebaran Penyakit Melalui Peralatan
Sistem all-in all-out akan membantu pencegahan penyebaran penyakit dari ayam tua ke ayam muda. Peternak harus menjaga kebersihan dan desinfeksi kandang serta peralatan untuk mengurangi mikroorganisme patogen hingga level minimum. Peralatan kandang sebaiknya jangan dipindahkan dari kandang satu ke kandang lainnya serta hindari tranfer pakan antar kandang.

Pencegahan Penyebaran Penyakit Melalui Vektor
Vektor penyebab penyakit dapat berasal dari karyawan, tikus, burung liar, serangga, dan binatang liar lainnya. Pasang pagar keliling farm untuk mencegah binatang liar masuk lokasi farm. Menjalankan program pemberian racun tikus dan obat serangga secara berkala juka diperlukan.

tag: pencegahan penyakit pada ayam broiler, pencegahan penularan penyakit dalam kandang, cara pencegahan penyakit

02.16

0 Responses to "BIOSECURITI-PENCEGAHAN PENYEBARAN PENYAKIT"

Posting Komentar