Subscribe to our RSS Feeds
Dalam pedoman praktis ini akan memfokuskan perhatian pada aspek manajemen dan menjelaskan apa yang dicapai oleh CP Broiler pada kondisi dan kelebaban yang tinggi di daerah tropis seperti Indonesia

Manfaat Lancarnya Ventilasi dalam Kandang

0 Comments »
Broiler modern dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat sehingga menuntut kualitas udara yang baik. Kualitas udara yang buruk menyebabkan potensi genetik ayam tidak dapat tercapai secara maksimal.
Ventilasi adalah pergerakan udara yang memungkinkan terjadinya pertukaran udara kotor dengan udara segar. Udara yang harus dibuang mengandung CO, CO2, NH3, kelembaban tinggi dan temperatur panas. Udara yang kotor harus diganti dengan udara segar. Buruknya dengan kualitas udara dapat dilihat dari kondisi litter dan pertumbuhan bulu ayam. Litter yang cepat menggumpal dan pertumbuhan bulu yang kotor dan kusam menunjukkan kurang baiknya manajemen ventilasi dan terlambatnya brooder.Pergerakan udara dapat meningkatkan pengeluaran panas dalam kandang dengan cara konduksi dan evapori. Efektifitass pergerakan udara dalam kandang tergantung pada umur ayam dan bulu yang menutupi tubuhnya. Pergerakan udara dapat dibuat dengan menggunakan kipas sirkulasi yang ditempatkan untuk meningkatkan kecepatan angin sesuai dengan level yang dibutuhkan oleh ayam.
Cara menciptakan pergerakan udara dalam kandang dapat dibagi menjadi dua tipe, yakni:
  1. Kipas sirkulasi untuk kandang tipe terbuka
  2. Ventilasi sistem tunnel untuk kandang tertutup
Kipas dengan ukuran 36 inchi mampu menghasilkan 9.000 CFM, dapat menimbulkan pergerakan udara dengan area seluas 5 x 15m. Ventilasi tunnel merupakan metode  yang dapat digunakan untuk menjaga agar kebutuhan temperatur yang dibutuhkan oleh ayam dimusim panas terpenuhi, tetapi hal ini hanya efektif jika didesain dan diatur secara benar.
Ventilasi tunnel bertujuan mengeluarkan udara panas di dalam kandang dengan menggunakan kipas dengan kecepatan sebesar 400-500 FPM. Pergantian udara terjadi satu kali tiap satu menit atau kurang.
Efek wind-chill yang disebabkan oleh udara berkecepatan tinggi (400-500 FPM) dapat menurunkan temperatur efektif sebesar 10-12◦C.
07.07

0 Responses to "Manfaat Lancarnya Ventilasi dalam Kandang"

Posting Komentar