Subscribe to our RSS Feeds
Dalam pedoman praktis ini akan memfokuskan perhatian pada aspek manajemen dan menjelaskan apa yang dicapai oleh CP Broiler pada kondisi dan kelebaban yang tinggi di daerah tropis seperti Indonesia

PERIODE BRODING (INDUKAN)

0 Comments »
Tujuan Broding
Tujuan broding adalah untuk menyediakan lingkungan yang nyaman dan sehat secara efisien dan ekonomis bagi anak ayam, untuk pertumbuhan yang optimal.

Saat ayam berumur 2 minggu pertama, terjadi perbanyakan sel (hiperplasia). Perbanyakan sel tersebut meliputi perkembangan saluran pencernaan/gastrointerna, perkembangan saluran pernapasan dan perkembangan sistem kekebalan.

Manajemen Penerimaan DOC
Harus ada komunikasi yang baik antara bagian delivery hatchery, marketing DOC dan customer untuk menentukan jadwal waktu pengiriman. Sebelum DOC datang, pakan dan air minum harus tersedia. Pada kasus pengiriman jarak jauh, saat ayam tiba di farm, berikan larutan gula 1-2% pada air minum yang didistribusikan pertama kali untuk membantu memulihkan energi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat DOC datang:
  • Cek kondisi mobil pengangkut DOC meliputi: segel, kondisi kipas, surat jalan dan cek sampel DOC 10% dari jumlah DOC yang dikirim, disaksikan oleh supir pengirim, meliputi berat DOC, kelincahan serta kondisi umum lainnya (mati di box, cacat dan lemah)
  • Setelah DOC di cek, secepatnya disebar masing-masing brooder yang telah disiapkan
  • Pastikan kesiapan perlengkapan area brooder meliputi area pemanas, lampu penerang, serta tempat pakan, tempat minum yang telah terisi. tebar DOC sesegera mungkin pada brooder.
Kesehatan dan Kualitas Anak Ayam
Perhatikan anak ayam secara intensif selama 6-8 jam pertama untuk memastikan bahwa anak ayam tersebut cukup nyaman berada di area brooder, termasuk check kondisi tembolok anak ayam (minimal 85% DOC sudah makan dan minum). Area brooding sebaiknya diberi alas koran, dan diganti secara rutin

Penyebab utama kematian di minggu pertama adalah:
  • Dehidrasi, pada saat pengiriman (transportasi tidak standart) dan terlalu lama DOC di sebar ke area brooding
  • Temperatur brooding terlalu tinggi atau rendah
  • Air minum terlambat dan tempat minum kurang, sehingga ayam mengalami kesulitan dalam mendapatkan air minum pada 24 jam pertama
Manajemen Broding
Terdapat dua sistem dasar yang diterapkan untuk brooder pada broiler, yakni brooding (induk buatan menyeluruh/pemanasan menyeluruh).

Induk buatan, radian untuk 500 ekor ayam

tag: sistem broding pada ayam broiler, manajemen broding saat doc, cara mengatur pemanas indukan, kebutuhan pemanas per ekor,

0 Responses to "PERIODE BRODING (INDUKAN)"

Posting Komentar